THOHAROH
1.S O A L : Berapa tahun tandanya orang baligh ?
J A W A B :
Ada tiga :
1. Umur lima belas tahun bagi pria & wanita.
2.
Mimpi keluar mani bagi pria &
wanita.
3.
Haidh bagi wanita yg telah umur 9 tahun
Keterangan : Kitab Hamis Kasifatu saja hal 16.
وعبارته
: علامات
البلوغ ثلاث : تمام خمس عشرة سنة في الذّ كر والانثى والاحتلام في الذكر والانثى لتسع سنين . والحيض في الأنثى تسع سنين
2.S O A L:
Menggosok anggota wudlu
dengan kaki apakah dapat menghasilkan Kesunahan ?
J A W A B : Dapat menghasilkan kesunahan.
Keterangan
: 1. Madzahibul arba’ah juz 1 hal 112 – 113.
2. Al jama juz 1 hal 1
وعبا
رته : فلود
لك جزاء
من
جسمه بدراعه
اووضع
احد رجله على الاخر ودلكها بهافانه
يجزئه ذالك ولا يشترط في الدلك عندهم ان يكون بخصوص اليد
3.S O A L :
Apakah
terkejut bisa membatalkan wudhu ? J
A W A B :
Tidak
membatalkan
wudhu, karena terkejut tidak menghilangkan Akal.
Keterangan
: Hamisyi Ia’nah juz 2 hal
وعبارته
: وثمنها [ جلوس بينهما ] السجدتين ولو في نفل على
المعتمد
ويجب
ان لايقصد برفعه غيره فلو رفع فزعا من نحولسع عقرب اعاد السّجود.
هـ ها
مش اعانة الطا لبين الجز ۲ ص ۱٦٦
4. S O A L
:
Tafsir
yang jumlah hurufnya lebih sedikit dari huruf Alqur ‘annya kemudian diberi ma’na
gandul sehingga hurufnya melebihi alqur’an apa kah tetap haram jika dipegang atau dibawa orang yang hadas ?
J A W A B
:
Tetap haram karena
ma’na gandul tidak sama
dengan tafsir.
Keterangan : Nihayatuzzain hal 33.
وعبارته:
ونصه : اما ترجمة المصحف
المكتوب
تحت سطوره فلا تعطى حكم التّفسير بل تبق
للمصحف لحر مة مسه وحمله كما افتى به السيد احمد دخلان.
5 .S O A L.
Seiring
dg kemajuan tehnologi canggeh semuanya
serba computer dan kini muncullah computer al qur an. Apakah
computer Al qur an sama hukum nya dengan Al qur an yang asli ?
J A W AB.
komputer
Al qur an tidak bisa disamakan Al qur an,
sebab tulisan Al quran dalam computer hanya merupakan pancaran
sinar, tidak merupakan tulisan Al
qur an.
Keterangan: Nihayatul Muhtaj
juz 1 hal 124.
وعبارته
: ويوٌخد منه انه لو نقش القران على خشبة وختم بها الأ وراق بقصد القرأن
و صار يقراء الحرمة
وليس في الكتا بة ما يقض بالمقض على صورة حرف القرأن في
وراق اوقماش
فلا يحرم
6.S O A L :
Batalkah
wudhu nya laki2 yg menyentuh laki laki lain yang telah di
ganti alat kelaminya ?
J A W A B:
Tidak
batal .karena telah diyakini bahwa keadaanya tidak berubah.
Keterangan
: Bujairimi
Ala khotib juz 1 hal 186 – 187.
وعبارته:
وقع السؤال عما لو تطور
ولي بصورة امرآة اومسخ
رجل امرآة
هل ينقض اولا
فأجيب عنه بان الظا هر في في اول عدم النقض للقطع بان
عينه لم ينقلب وانّما
الخلع من صورة الى صورة
مع بقاء صفة الذكورة
وامّا المسخ فالنقض به محتمل لقرب تبدل
الصفه دون العين
7.S O A L :
Air yang
kurang dari 2 kolah
untuk memelihara ikan, apakah bisa Meng sucikan
?
J A W A B: Bisa
mengsucikan. termasuk najis yang
ma’fu.
Keterangan
: Kasufatu saja. Hal 20
وعبارته
: القليل حكمه يتنجس بوقع النجسة المنجسة
يقينا فيه وان لم يتغير
الى
ان قال وخرج بنجسه المنجسة النجس االمعفو عنه لميتة لادم لها سا ئل
ونجس
لايدركه طرف معتدل حيث لم يحصل بفعله الى
ان قال : والسّمك لم يغيّر المأ
ولم يضعه فيه عبثا
8.S
O A L:
Orang
wanita yang operasi jadi orang laki2,bagaimana aurotnya ?
J A W A B : Aurotnya tetap wanita.
Keterangan
: Al Bujairimi Al khotib
juz 1 hal 186
- 187.
وعبارته
: وقع السوءال عما لوتطوع ولي بصورة امراة اومسخ رجل امراة هل نيقض اولافاجيب
عنه بان الظاهرفي الآول عدم النقض
للقطع بان عينه لم ينقلب
وانّما
الخلع من صورة الى صورة مع بقاء
الصفة الذكورة. واما المسخ فالنقض
به
محتمل
لقرب
تبدل العين مع انّه
قد يقال فيه بعدم النقض ايضا لآحتمال
تبدل
الصفة دون العين . غ. ش على . م ر .
9. S O A L
:
Bersin
hingga bergerak dengan keras apakah membatalkan
wudhu J A W A B :
1.Tidak
membatalkan, apabila gerak nya tidak di sengaja.
2. Batal
apabila geraknya badan disengaja.
Keterangan
: 1.
Hamisy I’anah juz 1 hal 216.
2.Kasifatu saja hal 25 – 26
وعبارته:قال شيخنا:ويؤخذ ان من
ابتلي بحركة اطرارية ينشاءعنهاعمل
كثير
سمخ فيه [ قوله الوسبة الفاخشة ] وكدا تحر
يك كل اليد اواكثره ولو من نقل قد ميه
10. S O A L :
Bagaimana
hukum nya wanita setelah melahirkan setiap dipakai Ruku’ mengeluarkan angin
dari farji / qubul.?
J A W A B : Batal sholat nya sebab wudhu nya batal.
Keterangan
:Minhajul Qowim hal 15.Kasifatusaja hal 25–26
وعبارته
: نواقض الوضؤ اربعة لاغير. الآول الخارج من احد السبيلين يعنى
خروج
شيئ من قبله او دبره على أي صفة كان ولو من نحو عود
اودود
أخرجت رأسها وان رجعت وعبارته
: فصل : نواقض الوضؤ اربعة اشياء : الآول الخرج من احد السبيلين
من قبل اودبر ريح أي سوء خرج دالك الريح
من القبل اوالدبر
wahhhh yang punya blog jago BAHTSUL MASA'IL DWONK,,,,WKWKKWWKWKWKWKKW
BalasHapusBAHTSUL MASA AN PALING!!!!
wkwkwkw... rahasia publik gus.... jo sampe eroh wong ukeh,,,, marai konangan ngko.... wkwkw
Hapus