Selasa, 27 November 2012

THOHAROH



THOHAROH


1.S O A L :     Berapa tahun tandanya orang baligh ?
J A W A B :    Ada tiga :    
1. Umur lima belas tahun bagi pria & wanita.
                    2. Mimpi keluar mani bagi  pria & wanita.
                        3. Haidh bagi wanita yg telah umur 9 tahun
        
Keterangan :   Kitab Hamis Kasifatu saja hal 16.              
وعبارته :  علامات البلوغ   ثلاث : تمام  خمس عشرة سنة  في الذّ كر  والانثى  والاحتلام  في  الذكر  والانثى  لتسع  سنين .  والحيض  في  الأنثى تسع  سنين

2.S O A L:
Menggosok anggota wudlu dengan kaki apakah dapat menghasilkan Kesunahan ?
J A W A B :  Dapat menghasilkan kesunahan.

Keterangan : 1. Madzahibul arba’ah juz 1 hal 112 – 113. 
                2. Al jama juz 1 hal 1

وعبا رته :  فلود لك  جزاء  من جسمه  بدراعه  اووضع احد رجله على الاخر                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    ودلكها بهافانه يجزئه ذالك ولا يشترط في الدلك عندهم ان يكون بخصوص اليد                                                       
   3.S O A L :                                                                              Apakah terkejut bisa membatalkan wudhu ?                                    J A W A B :
Tidak membatalkan  wudhu,  karena  terkejut  tidak  menghilangkan  Akal.
 
Keterangan : Hamisyi Ia’nah juz 2 hal
وعبارته  :  وثمنها   [ جلوس بينهما ]  السجدتين  ولو  في  نفل  على  المعتمد      
ويجب ان لايقصد  برفعه  غيره فلو رفع  فزعا من  نحولسع عقرب اعاد     السّجود. هـ          ها مش اعانة الطا لبين  الجز  ۲   ص  ۱٦٦
4. S O A L :
Tafsir  yang  jumlah hurufnya lebih sedikit dari  huruf Alqur ‘annya kemudian diberi ma’na gandul sehingga hurufnya melebihi alqur’an apa kah tetap haram jika dipegang  atau dibawa  orang yang hadas ?
J A W A B :
 Tetap  haram  karena  ma’na  gandul   tidak   sama   dengan   tafsir.

 Keterangan : Nihayatuzzain hal 33.
وعبارته: ونصه :  اما ترجمة   المصحف  المكتوب  تحت  سطوره   فلا   تعطى حكم  التّفسير بل  تبق  للمصحف لحر مة  مسه  وحمله  كما  افتى   به  السيد                 احمد دخلان.         
                                
5 .S O A L.
Seiring dg  kemajuan tehnologi canggeh  semuanya  serba  computer  dan kini muncullah computer al qur an. Apakah computer Al qur an  sama hukum nya dengan Al qur an yang asli ?
       
J A W AB.
komputer Al qur an  tidak bisa disamakan  Al qur an,  sebab  tulisan  Al quran dalam  computer  hanya merupakan  pancaran  sinar, tidak  merupakan tulisan Al qur an.

Keterangan: Nihayatul Muhtaj juz 1 hal 124.
وعبارته  :  ويوٌخد  منه انه  لو  نقش  القران  على خشبة  وختم بها  الأ وراق                                                    بقصد  القرأن  و صار  يقراء  الحرمة  وليس في  الكتا بة ما يقض بالمقض  على صورة  حرف  القرأن  في  وراق  اوقماش  فلا يحرم

6.S O A L :
Batalkah wudhu nya laki2 yg menyentuh laki laki lain yang telah di
ganti  alat   kelaminya ?
J A W A B:
Tidak batal .karena telah diyakini bahwa  keadaanya tidak berubah.

Keterangan :  Bujairimi Ala khotib juz 1 hal 186 – 187.
وعبارته: وقع السؤال عما لو تطور  ولي بصورة   امرآة  اومسخ  رجل  امرآة                              
 هل ينقض  اولا فأجيب عنه بان الظا هر في  في اول عدم   النقض  للقطع بان             
 عينه لم ينقلب  وانّما  الخلع من صورة الى  صورة  مع  بقاء  صفة  الذكورة   
وامّا  المسخ  فالنقض  به   محتمل  لقرب  تبدل  الصفه  دون  العين           

 7.S O A L :
Air yang kurang  dari  2  kolah untuk memelihara ikan,  apakah bisa Meng sucikan ?
J A W A B:        Bisa   mengsucikan.  termasuk  najis  yang  ma’fu.

Keterangan :   Kasufatu saja. Hal 20

وعبارته : القليل حكمه يتنجس بوقع  النجسة المنجسة يقينا فيه  وان  لم يتغير          
الى  ان قال  وخرج  بنجسه  المنجسة النجس  االمعفو عنه لميتة  لادم لها سا ئل            
ونجس  لايدركه  طرف معتدل حيث  لم يحصل  بفعله  الى  ان قال : والسّمك                                                                                                                                                                                     لم  يغيّر  المأ ولم يضعه  فيه عبثا                            
8.S O A L:
Orang wanita yang operasi jadi orang laki2,bagaimana aurotnya ?
J A W A B :   Aurotnya tetap wanita.                         

Keterangan : Al Bujairimi   Al  khotib  juz  1  hal  186 - 187.    
وعبارته : وقع السوءال عما لوتطوع ولي بصورة امراة  اومسخ رجل امراة هل   نيقض اولافاجيب عنه بان الظاهرفي الآول عدم النقض للقطع بان عينه لم ينقلب                            
وانّما الخلع من صورة الى صورة مع  بقاء  الصفة الذكورة. واما المسخ فالنقض    
به  محتمل  لقرب  تبدل العين مع  انّه قد يقال فيه بعدم  النقض ايضا لآحتمال
تبدل الصفة دون العين . غ. ش     على . م  ر .

9. S O A L :
Bersin hingga bergerak dengan keras apakah membatalkan  wudhu             J A W A B :
1.Tidak membatalkan, apabila gerak nya tidak di sengaja.
2. Batal apabila geraknya badan disengaja.

Keterangan :  1.  Hamisy  I’anah juz 1 hal 216.
           2.Kasifatu saja hal 25 – 26   
 وعبارته:قال شيخنا:ويؤخذ ان من ابتلي بحركة اطرارية ينشاءعنهاعمل
كثير سمخ  فيه [ قوله الوسبة الفاخشة ] وكدا تحر يك كل اليد اواكثره   ولو من نقل قد ميه
10. S O A L :
Bagaimana hukum nya wanita setelah melahirkan setiap dipakai Ruku’ mengeluarkan angin dari farji / qubul.?
J A W A B :    Batal sholat nya sebab wudhu nya batal.

Keterangan :Minhajul Qowim hal 15.Kasifatusaja hal 25–26
وعبارته : نواقض الوضؤ اربعة لاغير. الآول  الخارج  من احد السبيلين  يعنى       
خروج  شيئ من قبله  او دبره  على أي صفة  كان ولو من نحو عود   
اودود أخرجت  رأسها   وان رجعت وعبارته : فصل : نواقض الوضؤ  اربعة اشياء : الآول  الخرج من احد السبيلين  من قبل  اودبر ريح أي  سوء خرج  دالك   الريح من القبل اوالدبر

2 komentar:

  1. wahhhh yang punya blog jago BAHTSUL MASA'IL DWONK,,,,WKWKKWWKWKWKWKKW
    BAHTSUL MASA AN PALING!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw... rahasia publik gus.... jo sampe eroh wong ukeh,,,, marai konangan ngko.... wkwkw

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
baron, Nganjuk/jawa timur, Indonesia
blogger ini dibuat untuk meningkatkan Dzikir Fikir Amal Shaleh